Rabu, 07 November 2012

psikologi pendidikan-proses perkembangan & pertumbuhan & faktor yang mempengaruhinya


NAMA                         : Anis Nurlaela
Kelas                           : 3A
Mata kuliah                  : Psikologi Pendidikan
PROSES PERKEMBANGAN PERTUMBUHAN DAN FAKTOR FAKTOR YANG MEMPENGARUHINYA
                Pada dasarnya perkembangan adalah suatu serangkaian perubahan progressif yang terjadi karena adanya proses kematangan belajar
            Perkembangan ( development ) adalah proses atau tahapan pertumbuhan kea rah lebih maju.pertumbuhan sendiri (growth) berarti tahapan peningkatan sesuatu dalam hal jumlah,ukuran dan arti pentingnnya . Pertumbuhan juga dapat berarti sebuah tahapan perkembangan a stage of development 9McLeod 1989)
Menurut kamus  besar bahasa Indonesia ini berarti mekar terbuka atau membentang , menjadi besar ,luas dan banyak serta menjadi bertambah sempurna dalam hal kepribadian ,pikiran ,pengetahuan dan sebagainya dengan demikian kata berkembang tidak saja meliputi aspek yang bersifat abstrak seoerti fikiran dan pengetahuan tetapi juga meliputi aspek yang bersifat kongkrit
Pertumbuhan berarti perubahan kuantitatif yang mengacu pada jumlah ,besar dan luas yang bersifat kongkrit perubahan seperti ini di manifestasikan misalnya dalam peristiwa pembesaran atau penambahan seperti dari kecil manjadi besar dari pendek menjadi panjang dari sempit menjadi luas dan lain lain perubahan material yang bersifat biologis dengan berangsur angsur dengan kata lain pertumbuhan berarti kenaikan dan penambahan ukuran yang berangsur angsur seperti badan yang menjadi besar dan tegap juga kaki dan tanga yang menjadi panjang
Adapun perkembangan ialah proses perubahan kualitatif yang mengacu pada mutu fungsi organ organ jasmaniah , bukan organ organ jasmaniah itu sendiri dengan kata lain penekanan arti perkembangan itu terletak pada penyempurnaan fungsi psikologis yang disandang oleh organ organ fisik
Berbeda dengan pertumbuhan ,perkembangan akan berlanjut terus hingga manusia mengakhiri hayatnya sedangkan petumbuhan terjadi pada manusia sampai manusia sampai pada kematangan fisik (maturation) artinya orang tak akan bertambah tinggi atau besar jika batas oertumbuhan tubuhnya telah mencapai tingkat kematangan akan tetapi,bagaimana halnya dengan pertumbuhan kuku dan rambut yang secara periodic kita potong itu?bagaimana pula halnya dengan pertumbuhan sel  sel baru yang menggntikan sel sel tua dan rusak dalam tubuh kita itu?
Secara umum proses dapat diartikan sebagai rentetan perubahan yang terjadi dalam perkembangan sesuatu .Adapun maksud kata proses dalam perkembangan siswa ialah tahapan tahapan perubahan yang dialami seorang siswa
Proses bisa juga berarti cara terjadinya perubahan dalam diri siswa atau respon /reaksi yang di timbulkan oles siswa tersebut Hurlock (1980)
Secara global seluruh proses perkembangan individu sampai menjadi ‘person’(dirinya sendiri) berlangsung dalam tiga tahapan yakni
1.      Tahapan proses konsepsi (pembuahan sel ovum ibu oleh sel sperma ayah )
2.      Tahapan proses kelahiran (saat keluarnya bayi dari rahim ibu kea lam dunia bebas)
3.      Tahapan proses perkembangan individu bayi tersebut menjadi seorang pribadi yang khas (development or selfhood)
Hurlock (1980) member istilah ‘stages in the life span’ ( tingkatan tingkatan individu dalam rentang waktu kehidupan ) bagi seluruh proses perkembangan individu.life span ini menurutnya berlangsung dalam 10 tingkatan atau fase ,bermula dari prenatal (masa sebelum lahir) sampai old age ( masa tua)
Factor factor yang mempengatuhi perkembangan
Dalam mempelajari perkembangan manusia harus diperlukan adanya perhatian khusus mengenai hal hal sebagai berikut
1.      Proses pematangan,khususnya pematangan fungsi kognitif
2.      Proses belajar
3.      Pembawaan atau bakat
Ketiga hal ini saling berkaitan satu sama lainnya dan saling berpengaruh dalam kehidupan manusia tak terkecuali para siswa sebagai peserta didik.
Adapun mengenai factor factor yang mempengaruhi perkembangan siswa ,para ahli berbeda pendapat lantaran sudut pandang dan pendekatan mereka terhadap eksistensi siswa tidak sama untuk lebih jelasnya berikut ini aliran aliran yang berhubungan dengan factor factor yang mempengaruhi perkembangan siswa
1)      Aliran nativisme
Sebuah doktrin filosofis yang berpengaruh besar terhadap aliran pemikiran psikologis.tokoh utama aliran ini adalah Arthur achopenhauer
2)      Aliran empirisme
Kebalikan dari aliran nativisme adalah aliran empirisme dengan tokoh utama John locke
3)      Aliran Konvergensi
Merupakan gabungan antara aliran nativisme dengan aliran empirisme
Berdasarkan uraian mengenai aliran aliran doktrin filosofis yang berhubungan dengan proses perkembangan diatas ,penyusun memandang bahwa factor yang mempengaruhi tinggi rendahnya mutu hasil perkembangan siswa pada dasarnya terdiri atas dua macam :
1.      Factor interen yaitu factor yang ada dalam diri siswa itu sendiri yang meliputi pembawaan dan potensi psikologis tertentu yang turut mengembangkan dirinya sendiri
2.      factor eksternal yaitu hal hal yang dating atau ada di luar diri siswa yang meliputi lingkungan ( khususnya pendidikan ) dan pengalaman berinteraksi siswa tersebut dengan lingkungannya 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar